HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.88.161.108
Pengunjung : 580.683


Newsflash :
PROFICIAT UTK SD TAR.5 JKT YG MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA (MURI) PADA SABTU (12/1/2019) ATAS PRESTASI MEMBUAT KERTAS TERBANYAK DARI BAHAN KERTAS DAUR ULANG OLEH PELAJAR             |             SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG

Artikel :



Kesetiaan di Setiap Waktu


Senin; 04 March 2013 [C. Riyawan, S.Pd., SD TARAKANITA BUMIJO] - Artikel Umum

Jika ditanya, “Apa yang istimewa di bulan Februari?” mungkin sebagian besar anak SD Tarakanita terutama yang sudah duduk di kelas 4 sampai 6 akan menjawab, “Valentine’s Day.” atau “Hari Kasih Sayang.” Jawaban itu memang ada benarnya. Sudah menjadi tradisi bahwa setiap tanggal 14 Februari dirayakan sebagai hari Valentine. Dalam gereja Katolik, tanggal 14 Februari juga dirayakan sebagai pesta Santo Valentinus.
Menurut cerita, Santo Valentinus adalah seorang imam yang disiksa dan dianiaya pada tahun 269 pada masa penganiayaan umat-umat Kristen Roma oleh Kaisar Klaudius (268-270). Waktu itu Kaisar Klaudius melarang para pemuda untuk menikah agar mereka menjadi tentara yang siap berperang. Namun Santo Valentinus menikahkan pasangan-pasangan secara diam-diam.  Hal ini rupanya diketahui oleh Kaisar Klaudius yang kemudian menjatuhi hukuman pada Santo Valentinus.
Untuk saat ini, tradisi Valentine’s Day  yang sering ditandai dengan saling memberi coklat memang dikaitkan dengan kasih sayang. Kasih sayang juga erat kaitannya dengan kesetiaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kesetiaan diartikan sebagai keteguhan hati, ketaatan, dan kepatuhan. Melihat arti kata “kesetiaan” yang cukup luas, maka sudah selayaknya apabila kesetiaan dilakukan setiap hari, tidak terbatas pada tanggal tertentu saja.
Bagi warga SD Tarakanita, ada banyak hal di semester I yang sudah dilaksanakan dan menjadi tanda kesetiaan. Dalam keseharian, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya telah menjadi tanda kesetiaan pada aturan dan kecintaan pada alam. Prestasi yang diperoleh siswa dan guru serta membawa harum nama SD Tarakanita juga merupakan wujud cinta dan kesetiaan. Ketika beberapa waktu lalu warga sekolah mengumpulkan dana solidaritas untuk asrama Stella Duce yang temboknya roboh akibat banjir dan bagi korban banjir Jakarta, berarti kita setia dalam mewujudkan cinta kasih bagi sesama. Secara khusus, setiap tanggal 7 kita juga diharapkan setia menyisihkan uang saku untuk berbagi dalam atensi Lima Roti Dua Ikan.
Kesetiaan, keteguhan hati, ketaatan, dan kepatuhan memang mudah dilakukan jika membawa keuntungan bagi kita. Namun, seringkali kita sulit setia apabila kesetiaan itu “menyengsarakan”. Lantas, bagaimana seharusnya kita menyikapi hal tersebut? Tak lain dan tak bukan, kita harus melihat Sang Setia itu sendiri. Yesus Kristus. Ia setia dalam penderitaan demi keselamatan umat manusia. Secara khusus, bulan ini kita juga diajak memperdalam iman dan kesetiaan dalam masa Prapaskah. Kesetiaan di setiap waktu…? Siapa takut !!!!! (_nan_)





Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :